Home
Pojok PKK

Pojok PKK

Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK)

logo-pkk   Keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat mempunyai andil yang besar dalam proses pembangunan. Kondisi keluarga dapat digunakan sebagai barometer bagi kesejahteraan masyarakat pada umumnya.

Untuk dapat membina keluarga secara langsung maka dibentuklah Gerakan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Program dan Kegiatan Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) merupakan bagian dari pembangunan Nasional yang perlu terus menerus dipicu seirama dengan dinamika pembangunan. Gerakan PKK mempunyai peranan dan sekaligus peluang yang sangat besar untuk mengisi dan menunjang terwujudnya pelaksanaan Otonomi Daerah. Di era pelaksanaan otonomi Daerah yang nyata dan bertanggungjawab berdasarkan UU No. 32 Tahun 2004 diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui gerakan PKK. Sesuai dengan prinsipnya yaitu pemberdayaan dan partisipasi masyarakat.
Gerakan PKK sebagai bentuk partisipasi masyarakat dituntut untuk menumbuh kembangkan sikap dan perilaku, kemandirian pribadi, keluarga dan masyarakat. Seiring dengan perkembangan sumber daya manusia, pemanfaatan sumber daya alam, ilmu pengetahuan dan teknologi, gerakan PKK mengisi pembangunan dengan melaksanakan kegiatan 10 Progam Pokok PKK guna mewujudkan keluarga sejahtera yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berbudi luhur, sehat mandiri berkeadilan maju, kesetaraan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan.


10 Program Pokok PKK

10 Program Pokok PKK pada hakekatnya merupakan kebutuhan dasar manusia, yaitu :

  1. Penghayatan dan Pengamalan Pancasila

  2. Gotong Royong

  3. Pangan

  4. Sandang

  5. Perumahan dan Tatalaksana Rumah Tangga

  6. Pendidikan dan Ketrampilan

  7. Kesehatan

  8. Pengembangan Kehidupan Berkoperasi

  9. Kelestarian Lingkungan Hidup

  10. Perencanaan Sehat


  Upaya Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Melalui 10 Segi Pokok Keluarga Dengan Membentuk TP. PKK Disemua Tingkatan, Yang Keanggotaan Timnya Secara Relawan Dan Terdiri Dari Tokoh/Pemuka Masyarakat, Para Isteri Kepala Dinas/Jawatan Dan Isteri Kepala Daerah S.d Tingkat Desa Dan Kelurahan Yang Kegiatannya Didukung Dengan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah.

Hal Yang Mendasar Antara Lain Adalah Perubahan Nama Gerakan PKK Dari Gerakan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga Menjadi Gerakan Pemberdayaan Dan Kesejahteraan Keluarga

Visi Dan Misi Gerakan PKK

Gerakan PKK Mempunyai Visi Terwujudnya Keluarga Yang Beriman Dan Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berakhlak Mulia Dan Berbudi Luhur, Sehat, Sejahtera, Maju Dan Mandiri, Kesetaraan Dan Keadilan gender serta kesadaran Hukum dan Lingkungan.

Sedangkan Misi Gerakan PKK Adalah Sebagai Berikut :

Meningkatkan Mental Spiritual, Perilaku Hidup Dengan Jalan Menghayati Dan Mengamalkan Pancasila Serta Meningkatkan Pelaksanaan Hak Dan Kewajiban Sesuai Denga Hak Asasi Manusia (HAM), Demokrasi, Meningkatkan Kesetiakawanan Sosial Dan Kegotong Royongan Serta Pembentukan Watak Bangsa Yang Mantap Dan Seimbang.

Meningkatkan Pendidikan Dan Keterampilan Yang Diperlukan Dalam Upaya Mencerdaskan Kehidupan Bangsa Serta Meningkatkan Pendapatan Keluarga.

Meningkatkan Kualitas Dan Kuantitas Pangan Keluarga, Serta Upaya Peningkatan Pemanfataan Pekarangan Melalui Halaman Asri Teratur Indah Dan Nyaman (Hatinya) PKK, Sandang, Dan Penataan Perumahan Sehat.

Meningkatkan Derajat Kesehatan Fisik Dan Mental, Kelestarian Lingkungan Hidup Serta Membiasakan Hidup Berencana Untuk Kehidupannya Dan Perencanaan Ekonomi Keluarga Serta Membiasakan Menabung.

Meningkatkan Pengelolaan Gerakan PKK Baik Kegiatan, Pengorganisasian Maupun Pelaksanaan Program-Programnya Yang Disesuaikan Dengan Situasi Dan Kondisi Masyarakat Setempat Serta Ketentuan Yang Berlaku.

Penanggung Jawab Pelaksanaan Program

Gerakan Pkk Dikelola Oleh Tp Pkk, Yang Dibentuk Di :
1. Pusat
2. Provinsi
3. Kabupaten, Kota
4. Kecamatan
5. Desa, Kelurahan